Sabtu, 08 Oktober 2011

"CARA MUDAH MENJADI PENGUSAHA"

Membangun sebuah usaha baru tidaklah mudah maka dari itu ada tahan - tahapan yang harus di perhatikan oleh teman - teman yang akan membangun sebuaha perusahaan.
1. Visi
Visi adalah cita-cita atau impian, keinginan untuk hidup dimasa depan yang lebih baik, tanpa kekuatan visi maka usaha kita tidak akan focus, maka jika kita membangun sebuah bisnis visinya harus kuat, maka kita akan focus, artinya tidak akan mengerjakan pekerjaan-pekerjaan serabutan, yaitu segala digarap tanpa mampu kita membangun fondamen bisnis yang sedang kita garap.
jika kita tidak focus, karena kita kurang yakin terhadap bisnis yang sedang kita garap bahwa ini akan berkembang, sebuah bisnis apapun jika digarap dengan serius dan focus dalam satu garapan sebelum sukses, adalah ibaratkan sebuah ujung pisau yang akan membelah bisnis bisnis lainnya. artinya jika sukses dalam satu bisnis, maka bisnis lainpun akan sukses, tetapi jika kurang sukses dalam satu bisnis lalu kita menyerah mencari bisnis tambahan lain, maka bisnis menjadi tidak focus, hanya sekedar berjalan tetapi tidak bisa cepat sukses.
Coba kita belajar pada pelatihan karate atau tekwondo, takala seorang karatedo akan membela balok es atau benda keras, langkahnya ia harus focus dalam satu pikiran, dalam satu keyakinan, dalam satu energi, maka napasnya diatur untuk mengumpulkan energi yang focus, dengan penuh keyakinan saya pasti bisa, akhirnya tangannya meluncur dan pecahlan es atau benda keras tersebut. tanpa focus atau visi yang kuat, maka seseorang tidak mungkin sukses.
2. Membangun Team
Seorang akhli tekwondo meskipun untuk kekuatan dan kejayaan dirinya sendiri, tetapi untuk hidup lebih sukses tetap dia membutuhkan team, dimana team bekerja berdasarkan fungsi dan pekerjaannnya masing-masing, ada guru atau mentor, ada teman-temannya yang mensuport, dan ada petugas-petugas lainya.
Untuk sukses orang tidak bisa bekerja solo, tetapi orang harus membangun team dengan saling menghargai antara satu dengan lain, untuk saling menghargai orang harus memiliki rasa syukur karena tanpa rasa syukur maka menjadi tidak bisa menghargai orang lain, maka harus saling memberi, karena tanpa saling memberi atau menceritakan kecelekan orang lain, maka kita tidak akan mampu membangun team yang kuat. intinya TEAM adalah kepercayaan, maka hendaklah kita membangun kepercayaan dengan cara antara ucapan dan perbuatan harus selaras, dan memiliki niat untuk memajukan orang lain atau mental senang memberi bukan menuntut.
3. Membangun fondamen bisnis

Fondamen bisnis adalah adanya staf yang bekerja setiap hari, setiap menit, setiap detik.

Fondamen bisnis dalam praktek bisnis memiliki dua fungsi yaitu :
a. Kita harus mampu membangun fungsi manajerial, ialah staf yang akan menjaga dan menjalankan mekanisme keuangan, dan keseketariatan.
b. Kita harus mampu membangun fungsi entrepreneur yaitu staf yang berusaha untuk selalu berhadapan dengan konsumen dan membangun pasar.
Dua fungsi tersebut selalu saling bertabrakan, tetapi dua fungsi tersebut harus diatur mekanismenya dalam RAPAT KOORDINASI.
Jadi yang terpenting adalah RAPAT KOORDINASI yang berjalan harus teratur, maka kita akan mampu membikin fondamen bisnis. tetapi jika rapat koordinasi sudah kurang mampu dijalankan maka biasanya bisnis tidak akan berjalan lama, karena didalamnya terjadi konplik yang sulit untuk diselesaikan. dan akan menganggu focus bisnis, maka bisnisnya menjadi kurang focus karena visinya terganggu, energinya habis oleh kekurangan puasannya.
Segitu dulu yaa berhubung saya udah ngantuk nti di lanjut lagee..:) 
Sumber : Kumpulan Entrepeneur Garut
 
 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons